Senin, 26 Januari 2009

Selamat Tahun Baru Imlek

Selamat Tahun Baru Imlek bagi yang merayakannya, bagi yang tidak merayakannya saya ucapkan Selamat Tahun Baru aja....
Gw juga turunan Tionghwa nh... Nah yang bikin gw penasaran adalah pas perayaan hari besar etnis Tionghwa kaya imlek, cap go meh, ato ceng beng, gw sering mempertanyakan sebuah integritas tradisi dan etnis Tionghwa di bumi Indonesia (tayilah bahasanya...).
Yang jadi titik masalah adalah, ketika Imlek itu identik dengan sembahyang di depan altar, ngasih sesaji (eh gw liat di hero pajajaran malahan ada counter sendiri yang judulnya "perlengkapan imlek" nyang dipajang tuh ada buah delima, tebu, nanas, sampe kepala singa juga ada..hahahaha...enggak deng becanda, kaga ada kepala singa di sono), bakar uang-uangan, dsb.
Padahal nih...menurut teman gw nyang berasal dari China bilang kalo di China....kaga ada tuh yg kaya gitu, apalagi di sono adalah negara komunis. Kaga ada tuh malem-malem pegih ke klenteng bakar hio, ato gotong toapekong, yang ada cuman bagi-bagi angpao dan makan-makan satu keluarga besar. Nah kalo gitu...ketika omah-opah, om-tante, yang ngerayain imlek dengan sembahyang, apakah itu suatu tradisi ataukah suatu kepercayaan yang mengarah kepada agama Konghucu?? Hayo..
Jadi, kalo gw pikir...di sini tuh ada bias antara yang mana tradisi dan agama Konghucu. Maka dari itu, jangan salah prasangka dululah kawan-kawanku...ingat bahwa suatu tradisi itu sifatnya universal dan horizontal (berhubungan antar sesama).
Kalo ada orang nanya apakah Imlek, Cap Go Meh, Ceng Beng adalah suatu tradisi?? Betul banget...dan tradisi etnis Tionghwa pada saat Imlek adalah pembagian angpao, makan malam satu keluarga besar sampai larut malem, pemakaian warna merah, dsb. Sedangkan tradisi pada saat Ceng Beng adalah membersihkan kuburan...
Sekian...dan terimakasih... Hehehehe...
Gong Xi Fa Cai...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar