Sabtu, 24 Januari 2009

IPA ato IPS ???

Tadi nh sebelom gw pulang ke Bogor, di rektorat banyak anak sma tuh pada mo ngambil kartu tanda peserta usm Unpar… Ga tau kenapa, gw jadi keingat pas jaman SMA dulu nyang disuruh masuk IPA ato IPS… Hehehe…
Okay…sebelom penjurusan di SMA…lo bakalan dituntut untuk milih IPA ato IPS bener kan?? Nah kenapa sih kalau masuk IPA dianggap lebih bergengsi disbanding masuk IPS?? Bener kan??? Hayo ngaku… Bokap, nyokap, paman, bibi, tetangga, temen2 nyokap lo pasti lebih nyaranin buat masuk IPA.. Bener kan??
Tapi dari dulu gw selalu bertekad buat masuk IPS, dan semua tanggapan sinis dari tante-tante selalu gw patahkan dengan analogi pemilihan IPA-IPS sebagai berikut :
Tante, saya milih IPS tuh karena saya sudah fokus dengan tujuan dan cita-cita saya nanti, bukannya saya nggak bisa, tapi saya sudah fokus…Kalo masuk IPS pilihan ke PT-nya terbatas kalo IPA kan banyak pilihan..... Lho kenapa milih yg sedikit pilihan??? Karena sekali lagi, saya sudah fokus denga tujuan dan cita-cita saya...sehingga saya tidak perlu bersusah payah menghapal rumus dan sebagainya.. Kondisi ini jauh berbeda dengan anak-anak IPA, begitu mereka lulus…mereka bingung dihadapkan dengan berbagai macam pilihan (sama bingungnya ketika kita harus menentukan makanan apa yang harus dipesan pas lagi ada di food court) yang harus memeras otak…. Banyaknya pilihan bukanlah jaminan…

Berikut komentar teman saya Ben sesama anak IPS SMA Regina Pacis Bogor, betapa bahagianya mereka mengalami masa muda :
Senengnya di sos..hidup tenang..tanpa beban..kecuali beban fotokopi...gue masih gak ngerti kenapa orang mau ke ipa..mungkin sudah takdir...kasian..sos itu bagaikan matahari...selalu cerah...ah tailah loe ben..najis bgt.. pokoknya enaklah di sos...ya mungkin ada beberapa hal yang memuakkan seperti fotokopi dsb tapi overall ya bolehlah...banyak orang bilang ke gue..."mau jadi apa sih loe ben masuk sos?"...ya karena gue orangnya sabar...jadi ya gue diem aja...tong kosong nyaring bunyinya....sos ato ipa sama saja, pada akhirnya tergantung orangnya..orang yang masuk ipa gakselalu sukses hidupnya orang yang masuk sos gak selalu terpuruk hidupnya....makanya sebelum loe pada dihadapin dengan masalah masuk ipa ato sos tentuin dulu mau ngambil apa entar kuliah...apa gunanya ilmu yang loe dpt selama belajar di ipa kalo loe ternyata pas kuliah ngambil perhotelan? Memang gak ada salahnya buat nambah ilmu...tapi ambilah jalan yang praktis...yang mudah... seperti yang saya sebutkan sebelumnya ambilah jalan yang mudah..kalau entar hasilnya memang sama...we all know IPA sucks..tapi karena beberapa anak IPA ingin menyombongkan dirinya maka mereka tidak ingin mengakuinya..mereka menyangkal bahwa sos sama bagusnya dengan ipa..ini merupakan sebuah masalah yang dihadapi oleh remaja masa kini...ada kalanya siswa/siswi yang ingin masuk ke sos tidak diperbolehkan masuk sos oleh ortunya..kenapa? bukan karena sos itu buruk melainkan gengsi...seorang ortu yang memiliki anak yang masuk ipa akan lebih terpandang..sama halnya dengan dokter..sebuah profesi yang dianggap mulia dan terpandang oleh masyarakat indonesia yang cara berfikirnya masih terbelakang...kita sebagai warga sos harus menunjukan bahwa orang lulusan sos akan sama suksesnya dengan anak lulusan ipa, atau bahkan lebih sukses lagi..sungguh sangat bijak tulisan saya ini..camkanlah di hati kalian..ben over and out
(fyi : tadi pas gw di gsg, gw liat si ben and pacarnya sedang bermuram durja...semoga saja mereka berdua menangani masalah dengan kepala dingin... hehehehe....)

3 komentar:

  1. bener bener meng..gw anak ipa juga mengakui..masuk ipa cuma menyedot kebahagiaan lo..ujung2nya g kul masuk akun..
    masuk sos aja dah..enak pulang pagi mulu..hihihihii

    BalasHapus
  2. Tuh...gw bilang juga apa... Hidup sos.... hahahaha...

    BalasHapus
  3. klo gw sih meng milih sos, soalnya kan dulu di sekolah kita perpus itu adanya di lantai 3 nah dimana di lantai 3 itu juga terdapat kls2 sos. coba klo yg selantai ma perpus itu kls2 ipa, gw pasti milih ipa. secara gw pan anaknya sangat tinggi minat bacanya..

    BalasHapus